Sedang Menyiapkan Presentasi? Gunakan Tutorial Membuat Presentasi Menarik dengan PowerPoint Berikut Ini - Revisian
       

Sedang Menyiapkan Presentasi? Gunakan Tutorial Membuat Presentasi Menarik dengan PowerPoint Berikut Ini

Sedang Menyiapkan Presentasi? Gunakan Tutorial Membuat Presentasi Menarik dengan PowerPoint Berikut Ini
Source Picture: Freepik (Klik disini)

Revisian.com – Bagi anda yang sedang mencari cara membuat presentasi, di artikel ini akan dibahas tutorial membuat presentasi dengan powerpoint.

Presentasi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan cara menyampaikan informasi atau ide-ide tertentu kepada audiens melalui media visual seperti gambar, teks, dan video.

Tujuan dari presentasi adalah untuk memperkenalkan, menjelaskan, atau mengajak audiens untuk memahami suatu topik tertentu.

Presentasi dapat dilakukan secara langsung atau melalui media seperti video conferencing.

Dalam dunia bisnis, presentasi sering digunakan sebagai alat untuk mempromosikan produk atau jasa, mempresentasikan laporan keuangan, atau mengajukan proposal bisnis.

Selain itu, presentasi juga sering digunakan dalam dunia pendidikan untuk memperkenalkan materi pelajaran, memotivasi siswa, atau menguji kemampuan siswa dalam berbicara di depan umum.

Pada dasarnya, sebuah presentasi harus mempunyai isi yang informatif dan disajikan dengan cara yang menarik agar audiens dapat memahami dan terlibat dalam presentasi tersebut.

Oleh karena itu, keahlian dalam membuat dan menyampaikan presentasi yang baik sangatlah penting dalam berbagai bidang pekerjaan.

 

Tutorial membuat presentasi dengan powerpoint

 

Apakah Anda pernah merasa kesulitan saat membuat presentasi? PowerPoint adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda membuat presentasi yang menarik dan efektif.

Dalam tutorial ini, Anda akan belajar cara membuat presentasi dengan PowerPoint dengan mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda:

Mulailah dengan template yang tepat: PowerPoint memiliki banyak template yang bisa digunakan. Pilihlah yang cocok dengan tema presentasi Anda.

1.  Gunakan font yang mudah dibaca

Pastikan font yang digunakan mudah dibaca oleh audiens. Pilihlah font yang sederhana dan mudah dibaca seperti Arial atau Times New Roman kemudian hindari penggunaan font yang terlalu kecil.

 

2. Buat slide yang simpel dan jelas

Usahakan untuk membuat slide yang tidak terlalu banyak teks dan gambar sehingga mudah dipahami oleh audiens kemudian pastikan tampilan slide Anda tidak terlalu ramai atau terlalu kosong. Gunakan kombinasi warna yang kontras agar teks lebih mudah terbaca.

 

3.  Gunakan gambar yang relevan

Gambar dapat membantu audiens memahami topik yang dibahas dengan lebih mudah dan menarik perhatian mereka.

Namun, penting untuk memilih gambar yang relevan dan berkualitas tinggi.Pertama, pastikan gambar yang digunakan sesuai dengan topik presentasi dan menggambarkan pesan yang ingin disampaikan.

Jika presentasi membahas tentang lingkungan, maka gambar yang dipilih harus berhubungan dengan lingkungan, misalnya gambar pohon, hutan, atau laut.

Selanjutnya, pastikan gambar tersebut berkualitas tinggi. Gambar yang buram atau pecah dapat mengurangi kesan profesional presentasi.

Gunakan gambar dengan resolusi tinggi agar tampil dengan jelas di layar. Terakhir, hindari menggunakan terlalu banyak gambar atau gambar yang terlalu besar sehingga memakan banyak ruang di slide presentasi.

Gunakan gambar yang relevan dan memilih yang terbaik untuk menyampaikan pesan presentasi dengan jelas dan menarik.

 

4.  Gunakan efek animasi yang sederhana

Gunakan efek animasi yang sederhana untuk menarik perhatian audiens. Dengan memilih animasi yang tidak terlalu rumit atau berlebihan, sehingga tidak mengganggu fokus pada isi presentasi.

Beberapa contoh efek animasi yang sederhana namun efektif antara lain transisi slide yang halus dan perlahan, animasi objek yang muncul atau hilang dengan perlahan, atau efek zoom in dan zoom out pada gambar atau teks tertentu.