3 Pembagian Porsi Makan Ideal Selama Puasa - Tips Ramadan - Revisian
       

3 Pembagian Porsi Makan Ideal Selama Puasa – Tips Ramadan

Porsi Makan Ideal
Sumber Foto : Revisian.com / Pexels Photo by Ella Olsson

Revisian.com – Porsi makan ideal adalah jumlah makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar memenuhi kebutuhan gizi harian seseorang.

Porsi makan yang ideal akan berbeda-beda untuk setiap orang tergantung pada berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, dan tujuan pemakanan.

Namun, umumnya porsi makan yang sehat harus mengandung jumlah karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Porsi makan yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat berdampak buruk pada kesehatan dan dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit. Oleh karena itu, penting untuk mengikuti pedoman porsi makan yang sehat dan menjaga pola makan yang seimbang dan bervariasi.

Porsi Makan Ideal
Sumber Foto : Revisian.com / Pexels by Jane Doan

3 Pembagian Porsi Makan Ideal Selama Puasa

Pembagian porsi makan ideal di hari-hari biasa dengan pembagian porsi makan ideal selama puasa akan sedikit berbeda terutama bagian waktu konsumsi makannya. Jika di hari biasa, kita bisa mengatur porsi makan untuk di pagi hari, siang hari, dan malam hari.

Lalu bagaimana pembagian porsi makan ideal selama puasa? berikut penjelasannya

1. Sahur (40%)

Makan sahur adalah kegiatan makan sebelum waktu imsak selama bulan Ramadan. Untuk menjaga kesehatan dan kecukupan nutrisi saat berpuasa, penting untuk memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serat, serta vitamin dan mineral yang cukup.

Contoh makanannya seperti nasi merah, oatmeal, telur, ikan, ayam, dan buah-buahan. Selain makanan, penting juga untuk banyak minum air putih, setidaknya 2-3 gelas

2. Buka (50%)

Pada saat berbuka, dianjurkan juga untuk makan dan minum yang manis seperti yogurt, kurma, teh manis, smoothies, atau buah-buahan manis lainnya sekalipun. Berbuka dengan makanan dan minuman manis sangat penting karena untuk menggantian kadar gula dalam darah yang hilang selama berpuasa sehari penuh.

Namun perlu diingat juga meskipun makanan manis dapat memberikan energi yang cepat setelah berbuka puasa, sebaiknya hindari makanan yang mengandung gula berlebihan karena dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.

Selain makanan dan minuman manis, porsi makan ideal pada saat berbuka adalah mengandung karbohidrat dan protein. Jangan lupa juga untuk tetap mencukupi kebutuhan air putih pada saat berbuka, dengan estimasi 3-4 gelas.

3. Setelah Tarawih (10%)

Pembagian porsi makan ideal selama puasa terakhir adalah pada saat setelah tarawih. Biasanya setelah melakukan aktivitas salat tarawih akan sedikit capek dan ingin bersantai-santai sejenak.

Nah, saat santai-santai juga sembari mengonsumsi makanan-makanan ringan yang tentunya bergizi. Makanan ringan yang bergizi bisa dari buah-buahan, sayur/kacang-kacangan, yogurt rendah gula, dan telur rebus. Kemudian jangan lupa juga untuk minum air putih 1-2 gelas.

Sekian dari penulis tentang 3 Pembagian Porsi Makan Ideal Selama Puasa, Porsi makan yang ideal penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit terkait nutrisi.

Konsumsi makanan dalam porsi yang tepat dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, mengoptimalkan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, dan mencegah kelebihan atau kekurangan nutrisi yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Makan dalam porsi yang berlebihan dapat menyebabkan kelebihan berat badan, obesitas, dan risiko terkena penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Sementara itu, makan dalam porsi yang terlalu kecil atau kurang dari yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, kelelahan, dan masalah kesehatan lainnya.